Isy Kariman au Mut Syahidan

#semoga manfaat

Membiasakan Tahajud



Dikutip dari karya Agus Sukaca di majalah matan edisi 102, Januari 2015.

  Shalat tahajud adalah amalan istimewa sebagai tanda keimanan seorang hamba kepada ayat-ayat Allah. Allah memerintahkan kita untuk ber-tahajud pda sebagian malam sebagai amalan nawafil dan akan memberi kedudukan terhormat. Waktu terbaik melaksanakannya pad sepertiga malam terakhir, karena lebih khusyuk, berkesan, terbaik untuk berdikir dan lebih mustajab.

 Mengamalkan tahajud memang tidak ringan pada tahap walnya. Seseorang yang terbiasa tidur sepanjang malam sampai pagi tidak mudah bangun kecuali ada rangangan khusus, karena pola tidur tersebut sudah berlangsung lam dan menjadi kebiasaan. Karakter kebiasaannya tertajadi secara otomatis dan dikendalikan oleh otak bawah sadar. Unuk melakukannya memerlukan niat yang kuat dan melakukan kegiatan peggantinya secara berulang-ulang.

  Bagi yang akan memuai, langkah-langkah beriktu akan membantu. Mula-mula niatkan senantiasa bangun pagi, misalnya pk 03.00. Agar lebih mantap sebaiknya membuat komitmen tertulis dan memberitahu anggota keluarga lain yang sudah terbiasa tahajud untuk membangunkan. Manfaatkan alat bantu seperti alarm dan hp.

  Waktu terbaik untuk bangun adalah di akhir siklus tidur. Siklus tidur alamiah seseorang berlangsug selama 90 menit.  Setiap akhir siklus terbangun sejenak selama beberapa menit dan segera masu ke siklus tidur berikutnya jika tidak segera bangun. Demikian seterusnya, sampai  tidur dirasa cukup.bila ingin bangun pk 03.00 dalam dalam keadaan segar mesti tidur diawal kelipatann 90 menit dihitung mundur. Akhir siklus sebelumnya adalah pk 01.30, 12.00, 10.30, 09.00. bagi yang sudah biasa 3 siklus tidur cukup membuat badan segar, dan ia perlu berangkat tidur pk 10.30.

  Saat mendengar alarm berbunyi, harus segera bangun. Menambah tidur sejenak membawa kepada siklus tidur berikutnya dan akan terbangun pukul 04.30 kecuali bila ada rangsangan  bias lebih cepat. Selanjutnya persiapkan tahajud dengan sebaiknya (buang hajat, mandi/ wudhu, berpakaian yang bersi ). Pengalaman bangun pada pukul 03.00 tersebut akan direkam oleh otak dan di simpan pada suatu file. Otak kemudian membuat asosiasi antara pukul  03.00 (atau waktu lain yang dipilih dalm pelaksanaan tahajud).

  Selanjutnya setiap mengulangi pelaksanaan tahajud, file pikiran tahajud akan semakin kuat. Setiap pk 03.00 otak segera menghadirkan file tahajud. Pengulangan berkali-kali  akan menggeser  file lama dan mengganti file tahajud ke memori bawah sadar. Dalam tahapan ini, disadari atau tidak seseorang akan mengulangi bangun dan bertahajud pada pk 03.00 dinihari. Ia dapat merasaka bahwa dirinya mengulanginya begitu saja dan terjadi secara otomatis.

  Karena pengulangan yang berkelanjutan dan tahapan-tahapan diatas dilalui, pikiran akan menyakini bahwa kebiasan tahajud adaan bagian penting dari perilakunya.  Ia akan merasa aneh jika tidak menunaikannnya dan dirasa ada yang ganjal.

  Mari kita install kebiasaan tahajud pada diri kita!  

#semoga manfaat..




0 komentar:

Posting Komentar

Membiasakan Tahajud