Isy Kariman au Mut Syahidan

#semoga manfaat

Pikirkan dan syukurilah!


Pikirkan dan syukurilah, betapa Allah memperhatikan kita.
Pikirkan dan syukurilah, semua yang kita miliki.. Allah percaya kita bisa menjaganya..

   Ingatlah setiap nikmat yang Allah anugerahkan kepada kita semua. Karena Allah telah melimpahkan nikmatnya dari ujung rambut sampai ke telapak  kaki.  Kesehatan badan, keamanan  Negara, sandang pangan, udara dan air, semuanya tersedia dalam  hidup kita. Namun begitulah, anda memiliki dunia tetapi tidak  pernah menyadari telah merusak dan menghancurkannya, anda menguasai kehidupan tetapi tak bisa penuh menikmati kegembiraan padanya.

“Dan, dia menyempurnakan nikmatnya kepadamu lahir dan batin.”   QS. Luqman: 20.

  Anda memiliki dua mata untuk petukjuk arah dan memperjelas jalan, satu lidah  untuk memuji kebesarannya, dua tangan untuk meraba dan memegang, dua kaki untuk melangkah dan berdiri sampai banyak lainnya yang kita tak sanggup menghitung.

 “ Maka nikmat Rabb kamu yang manakah yang kamu dustakan?” (QS. Ar-Rahman).

  Apakah anda mengira bahwa, berjalan dengan kedua kaki itu sesuatu yang sepele? Apakah anda mengira bahwa berdiri tegak di atas kedua betis itu sesuatu yang mudah, sedang keduanya bisa saja tidak kuat dan suatu ketika patah.

  Maka sadarilah, betapa hinanya diri kita manakala tertidur lelap, ketika sanak saudara disekitar kita masih banyak yang tidak bisa tidur pulas karena sakit yang dideritanya. Coba pikirkan, betapa besar fungsi pendengaran, yang dengannya Allah menjauhkan dari ketulian. Maukah anda menukar kedua mata dan pendengaran dengan sekarung emas? Tak sepantasnya kita mingingkari semua pemberian ini yang sewaktu-waktu akan diambilnya kembali. Itu semua  bukan milik kita yang tak mungkin akan dipersombongkan, hanya perlu bersyukur dan merawat semua itu.

  Begitulah, sebenarnya kita berada dalam kenikmatan tiada tara dan kesempurnaan  tubuh, tetapi seringkali tidak menghiraukannya. Anda tetap merasa resah, suntuk, sedih dan tak puas. Meskipun anda masih mempunyai nasi hangat untuk disantap, air segar untuk diteguk, suasana yang tenang untuk tidur  pulas, dan kesehatan untuk terus berbuat.

  Memikirkan sesuatu yang tidak ada, membuat kita pun lupa mensyukuri yang sudah ada. Jiwa anda mudah terguncang hanya  karena kerugian materi yang mendera. Padahal, sesungguhnya anda masih memegang kunci kebahagiaan, memiliki jabatan pengantar kehidupan dunia, karunia, kenikmatan dan lain sebagainya. Maka pikirkanlah semua itu dan kemudian syukurilah.

 Jangan sampai kita termasuk – “Mereka mengetahui nikmat Allah, kemudian mereka mengingkarinya.” (QS. An-Nahl:83)    
“Jika kamu menghitung nikmat  Allah,niscaya kamu tidak akan sanggup menghitungnya.”  (QS- Ibrahim: 34) Maha Agung Allah tempat kita bergantung dan memuja.

Semoga bermanfaat..



1 komentar - Skip ke Kotak Komentar

Posting Komentar

Pikirkan dan syukurilah!