Isy Kariman au Mut Syahidan

#semoga manfaat

Esok Ada atau Tidak .?



  {...Dan hendaklah setiap diri memperhatikan apa yang telah diperbuatnya untuk hari esok (akhirat); dan bertaqwalah kepada Allah...} QS. Al- Hasr: 18.

  {Telah datang ketetapan Allah, maka janganlah kamu meminta agar disegerakan (datangnya)-nya.} QS.An-Nahl: 1


  Saudaraku, hari esok adalah sesuatu yang belum nyata dan masih menhadi misteri, orang-orang tak boleh percaya dengan ramalan-ramalan  masa depan yang asal-asalan, dipengaruhi nafsu dan tak bisa dipertanggungjawabkan. Hindari perasaan mencemaskan hari  esok,  jalani hidup ini seperti adanya, usahakan apa yang Anda kerjakan itu tidak sia-sia, jadikan yang terbaik untuk diri Anda, dan bukankan kita tidak tahu apa yang akan terjadi besok, kita juga tidak tahu apakah kita masih bertemu denagnnya atau tidak dan apakah hari esok kita akan berwujud kesenangan atau kesedihan?

  Yang jelas, hari esok masih ada di alam ghoib dan belum turun ke bumi. Maka sepantasnya harus Anda kumpulkan amalan-amalan sholih sebanyak mungin yang itu akan menyelamatkan diri anda. Dalam syariat,masih memberi kesempatan kepada pikiran untuk memikirkan masa depan. Tetapi jika terhanyut dalam kecemasan-kecemasan yang baru diduga darinya adalah sesuatu yang tidak dibenarkan. 

  Secara nalar, tidak masuk akal bisa meramalkan hari esok karena sama halnya dengan berusaha perang melawan bayang-bayang. Namun ironis, kebanyakan manusia di bumi ini termakan oleh ramalan-ramalan yang mereka ingin ketahui. Padahal, semua itu hanya ada di dalam angan-angan yang tak pasti. Mungkin perasaan ingin tau yang berlebihan akan membuat kesimpulan ngawur tentang hari esok.

  {Setan menjanjikan (menakut-nakuti) kamu dengan kemiskinan dan menyuruh kamu berbuat kejahatan  (kikir), sedang Allah menjanjikan ampunan daripada-nya dan karunia.} QS. Al-Baqarah: 268

  Optimislah saja dengan apa yang akan terjadi esok  hari, hadapi jika dia berbentuk kesengsaraan dan jangan lengah darinya jika berbentuk kesenangan. Pasti yang akan terjadi tidak akan memberatkanmu dan jika iya pastilah ada jalan keluar darinya. Biarkan hari esok dating dengan sendirinya, jangan pernah menanyakan kabar beritanya dan jangan menanti serangan petakanya. Sebab, hari ini Anda sudah sangat sibuk.
  
  Jika  Anda heran,maka lebih mengherankan lagi orang-orang yangberani menembus suatu masa yang belum tentu matahari terbit di dalamnya. Oleh karena itu hindarilah angan-angan yang berlebihan.
“ la  tahzan innallaha maana.”

#Semoga Bermanfaat…




0 komentar:

Posting Komentar

Esok Ada atau Tidak .?